Rabu, 29 Juni 2011

Tumbuhan yang Aneh...

DEVIL"s CLAW
Harpagophytum procumbens


Cakar setan atau Harpagophytum procumbens tumbuh liar di selatan Afrika, terutama ditemukan di bagian timur dan selatan bagian timur Namibia, Botswana dan Selatan daerah Kalahari Northern Cape, Afrika Selatan, dan Madagaskar. Harpagophytum zeyheri ditemukan di bagian utara Namibia (Ovamboland) dan selatan Angola.

Harpagophytum procumbens, juga disebut grapple plant, kayu laba-laba dan lebih dikenal dengan Devil's Claw, adalah tanaman dari family wijen, berasal dari Afrika. Tumbuhan ini memiliki duri sebagai sistem pertahanan, duri ini dapat melukai hewan-hewan yang biasa memakan buahnya. Umbi tanaman ini biasa digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengobati berbagai penyakit, misalnya rheumatik.

Tumbuhan merambat dengan tinggi mencapai 1,5 meter ini memiliki umbi berukuran besar sepanjang 20 cm dan 6 cm tebal. Memiliki bunga warna-warni sepanjang sampai 6 cm, bunga tunggal, warna merah sampai keunguan, dan muncul pada musim semi. Bunga-bunga ini akan menjadi buah berbentuk kapsul, akan pecah jika sudah matang, memiliki sekitar 50 buah biji, panjang sampai 7 cm dan berduri sepanjang 2,5 cm, di Madagaskar duri ini digunakan sebagai perangkap tikus.

Sea Anemon Mushroom
Aseroe rubra,


Berasal dari australia begitu tanaman ini dewasa, mereka meletuskan tentakel merahnya yang mengerikan dan mengeluarkan bau untuk menarik lalat, yang kemudian menelan korbannya kedalam “gleba” dan mencernanya


0 komentar:

Posting Komentar